Powered by Blogger.

Resep Nogosari Pisang Lembut by Christine Y



by Christine Y

Trial perdana bikin nogosari ini menceritakan sebuah sedikit drama #ealah. Browsing resep pertama langsung nemu ,resepnya cm pk tepung beras ,kemarin sabtu sore lgsg bikin ,ngejar waktu jg keburu paksu plg kerja .yaudah bikinnya cepet"an ,tp uda dimulai uda sampe ngrebus santan trs dimasukin ke tepung kok rasa"nya ini langkahnya aneh ,adonan kok malah jd encerrr cerrr 😒 karna ga tau ku tambah tepungnya tp tetep aja kalo dibungkus daun pisang malah bluberrr 😭 kepikiran paksu keburu dtg ,udah mau magrib jg .mau bikin baru lg ,santan kelapa asli uda hbs ,gula pasir pas hbs jg 😀 yaudahlah nekat jg beli keluar ,belinya sm berdoa bawa si kecil semoga ga ujan ,soalnya itu hbs ujan blm terang bgt. Akhirnya bikin resep baru ,resepnya ada tapioka ,tak pikir kayanya lebih enak & kenyal ya ,tp sayang ga pk santen asli ,aku pake santan instan ,mgkin tambah sedepp kalo pk santen kelapa tua asli ya. Alhamdulillah daun pandan jg masih ada ,kalo uda pd hbs ,paling aku nangis meratapi tembok #ealahh. Alhamdulillah berkat kesabaran & berdoa ku bikin nogosari ini ,mmbuahkan hasil jg ,hasilnya lembut enakk ,cm menurutku kurang manis ,soalnya ak doyan manis". Tp maapkeun yah blm ahli bungkus" pk daun pisang gtu jd asal" aja masukinnya ,asal jadi aja ,itu alhamdulillah πŸ˜‚Resepnya dari blog JTT diambil dari resepnya Ny. Liem ,yg gagal ga usah ke sebut sumbernya yah ,kesian kan ,itu dr blog jg kok πŸ˜…


Bahan-bahan
Bahan I :
200 gr tepung beras
400 ml santan sedang
1 sdt garam
1 sdt vanila ekstrak / 1/2 sdt vanili bubuk
130 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
Bahan II (campur jd satu) :
100 tepung tapioka
400 santan kental
Bahan lain :
Pisang kepok (sesuai selera),dipotong" bagi 3 lalu belah jd 2
Daun pisang


Langkah

Di dlm wadah campur tepung beras dgn santan,aduk sampe tdk ada gumpalan,saring bila perlu. Kemudian pindahkan ke dlm panci,tambahkan garam,vanili,gula pasir dan daun pandan. Rebus sampe sedikit kental.



Lalu masukan bahan II ke dlm panci,aduk"trs pk balloon whisk sampe santan nyusut dan menggumpal,aduk" trs yah soalnya bawahnya tepung bisa ngerak.

Angkat,tunggu panasnya sedikit hilang,siapkan daun pisang & pisang yg sudah dipotong. Daun pisangnya aku kukus dulu sebentar sampe sedikit layu,biar pas masukin adonan trs dilipet ga sobek daunnya. Tp sesuai selera ya. Masukan adonan ke daun pisang ± 1 sdm - 1 1/2 sdm,kemudian letakan pisang ditengahnya agak ditekan ke bawah,lalu tutup pisang dengan adonan yg dipinggir dgn sendok (semoga bs dipahami ya, itu fotonya kurang jelas soalnya uda gelap mendung jg), lalu di lipet sesuai selera.



Kemudian kukus sampe matang,aku lupa brp waktunya soalnya uda cepet" bikinnya sampe ga nglirik jam.

Angkat dan sajikan. Maapkeun jg ya ini fotonya ala kadarnya,asal ke potret aja,uda capeekk πŸ˜‚πŸ˜΄ tp beneran lembut loh,itu pisangnya kekecilan yg difoto,bisa disesuaikan selera ya.




Resep Populer

Followers