-->
Powered by Blogger.

Bolu Pisang (1 Telur Saja) by Dewi Ariatama



by Dewi Ariatama

Bolu kesukaan si Dede nih. Setiap bikin bolu ini, begitu di panggang dia udah bolak - balik ke dapur sambil ngacung2in tangan nunjuk ke arah oven sambil bilang na..na..na.. yang kalo di terjemahin kurang lebih artinya "mi... dede mau kuenya" hahaha....
Resepnya ekonomis banget dan yang pasti mudah, begitu selesai ngadon masukin oven di tinggal beberes & nyuci piring pas di tengok udah mateng...


Hasil jadi: 5 porsi
Bahan-bahan
250 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula pasir
250 gr pisang yang benar2 matang
1/2 sdt SP
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
100 ml air
100 ml minyak goreng


Langkah

Panaskan Oven, olesi bagian dasar loyang dengan minyak. (Aku pake loyang tulban uk. 20cm)
Lumatkan pisang dengan garpu, tambahkan 50 ml air. aduk rata, sisihkan.
Campur tepung terigu dan soda kue. Aduk rata, sisihkan.
Kocok telur, gula, garam, SP dan 50 ml air dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
Turunkan ke kecepatan paling rendah. Masukkan pisang lumat dalam 3 tahap, aduk rata lalu di susul dengan memasukkan campuran terigu dan soda kue dalam 3 tahap. aduk rata.
Terakhir masukkan minyak goreng dalam 3 tahap, Aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang selama 35 menit. Tes tusuk, jika sudah tidak ada adonan menempel. Angkat.


Bolu pisang siap di sajikan :)


Sedikit catatan semoga bermanfaat :) : untuk menghindari kue ambles saat keluar dr oven. Tambahkan waktu memanggang sekitar 5 menit untuk membuat bagian dalam kue set (selalu alasi bagian bawah loyang dengan loyang datar / loyang kue kering agar kue tidak gosong) dan jangan langsung dikeluarkan dari dalam oven. Biarkan suhu kue turun perlahan didalam oven yg telah dimatikan dengan pintu terbuka.




Resep Populer

Followers