-->
Powered by Blogger.

Banana Strudel by Rachma Esty Utami



by Rachma Esty Utami

Kemarin setelah bikin bolen pisang potong, jadi teringat dulu pernah bikin Apple Strudel (apfelstrudel). Terpikir, gimana klo dijadikan Banana Strudel? Mumpung pisang rajanya masih ada. Lebih simpel pake banget. Basic kulitnya seperti adonan kulit martabak telur tapi dipanggang. Hanya fillingnya aja yang diganti dengan pisang. Tapi ini tanpa butter-breadcrumbs. Yang simpel saja hanya gula palem dengan kayu manis bubuk atau dcc/coklat blok serut. So, let's do it!!!


Hasil jadi: 7 porsi
Bahan-bahan
Bahan kulit:
250 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
100 ml air hangat
20 gr minyak goreng
Bahan rendaman:
minyak goreng
Bahan filling:
pisang raja
coklat blok/meises
gula palem
kayu manis bubuk
Bahan olesan:
mentega/margarin leleh


Langkah

Campur dan uleni bahan kulit hingga kalis dan elastis. Kemudian bagi menjadi adonan sama besar atau sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran loyang. Karena saya pake otang jadul (30x30) jadi saya bagi 4 sesuai ukuran loyang (28x28) yang dapat masuk oven.
Rendam adonan dalam minyak goreng selama 30 menit


Ambil adonan dan gulingkan pada tepung terigu. Pipihkan dengan rolling pin diatas meja kerja. Lalu tipiskan dengan ditarik pelan menggunakan punggung tangan yang ditaburi tepung. Karena amatir, jadi hanya saya tarik sesuai kemampuan. Lalu letakkan di atas kain bersih yang ditaburi sedikit tepung. Tarik lagi pelan-pelan hingga tipis. Saya pakai kain chiffon yang teksturnya licin. Kemudian olesi dengan mentega cair seluruh permukaan kulit menggunakan kuas.


Taburi gula palem/coklat blok serut di satu sisi. Beri potongan pisang raja.


Kemudian roll/gulung dengan bantuan kain. Angkat kain dan letakkan adonan dalam loyang. Olesi permukaan adonan dengan mentega cair hingga rata. Lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200°C hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan segera olesi lagi dengan mentega cair.


Sajikan




Resep Populer

Followers