-->
Powered by Blogger.

Bolen Pisang Potong by Rachma Esty Utami



by Rachma Esty Utami

Ibu beli pisang raja. Selalu tergoda untuk dibuat bolen. Tp terkadang keterbatasan waktu jadi putar otak supaya cepat bikinnya. Kebetulan masih punya korsvet. Kali ini tidak membuat bolen pisang yang dicetak/dibentuk satuan, tapi disatukan dalam satu adonan puff pastry. Saat akan dimakan tinggal dipotong-potong. Lebih praktis. Lebih praktis lagi sebenarnya menggunakan kulit puff pastry beku instan. Tapi di desa gak ada yang jual.


Hasil jadi: 6 porsi
Bahan-bahan
250 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk full cream
5 gr garam
1 butir kuning telur
25 gr mentega
100-125 ml air es
125 gr korsvet
Bahan olesan: (aduk rata)
1 butir kuning telur
1 sdm susu evaporasi
Bahan filling:
pisang raja, belah dua memanjang
dcc/coklat blok, diserut
keju, parut
Bahan toping:
secukupnya meises
secukupnya keju parut


Langkah

Campur tepung, susu bubuk, dan garam. Masukkan kuning telur dan mentega. Aduk rata. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Istirahatkan 15 menit.
Giling adonan memanjang, isi dengan korsvet, lalu lipat ke tengah hingga bagian yang diberi korsvet tertutup adonan.
Giling lagi adonan memanjang, lipat seperti pada waktu adonan diberi korsvet. Masukkan dalam kulkas selama 10 menit. Setelah itu keluarkan dari kulkas, lakukan pekerjaan menggiling dan melipat sebanyak tiga kali.
Pada lipatan terakhir, adonan digiling memanjang. Bagi empat sama besar.
Beri serutan coklat/keju pada bagian tengah salah satu adonan. Letakkan pisang diatasnya. Lalu lipat sisi-sisinya dan rapatkan. Letakkan dalam loyang dengan posisi lipatan dibawah. Lakukan hal yang sama dengan bagian adonan yang lain.
Panggang dalam oven suhu 200°C hingga setengah matang. Keluarkan dan olesi kuning telur. Taburi bahan toping sesuai dengan fillingnya. Meises untuk coklat. Keju untuk keju. Olesi lagi dengan kuning telur. Turunkan suhu oven 170°C dan panggang kembali hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.. Angkat dan biarkan dingin.
Sajikan




Resep Populer

Followers