-->
Powered by Blogger.

Apem Pisang Gula Merah by Fiona Indah



by Fiona Indah

Dapat resep apem ini dari griyakuliner.com. Judul aslinya apem kukus pisang ambon. Namanya saya ganti karena saya tidak pakai Pisang ambon, tapi pakai pisang dari nasi kotak yang sudah sangat matang. Apem ini dominan sekali semerbak harum gula merahnya. Saya pakai 1,5 resep, hasilnya 35 buah apem bunga. Kalau sebelumnya saya pernah share apem pisang full tepung terigu dengan hasil apem dengan tekstur tidak berpori, resep apem ini bahannya full tepung beras. Hasilnya apem dengan tekstur khas apem : kenyal dan berpori. Kue apem paling pas disajikan hangat dengan kelapa parut, sayangnya saya sedang tidak punya kelapa parut.


Bahan-bahan
2 buah pisang ambon, haluskan (3 pisang)
200 g tepung beras (300 gr)
100 g gula merah sisir. (120 gr)
50 g gula pasir (80gr)
1/4 sdt garam
1 sdt ragi instan (1,5 sdt)
50 ml air kelapa (75 ml air)
100 ml air (150 ml)
50 ml santan kental (75ml)
100 g kelapa parut, kukus (tidak pakai)


Langkah

Campur semua bahan sampai rata.
Diamkan adonan selama 1 jam (saya tutup dengan plastik wrap)
Panaskan cetakan (saya tidak dipanaskan), tuang adonan (saya oles dulu cetakannya dengan minyak), kukus selama 15 menit.
Angkat, keluarkan dari cetakan, sajikan dengan taburan kelapa di atasnya.




Resep Populer

Followers