Powered by Blogger.

Bolgul Pisang Buanget by Eka AY



by Eka AY

Bolgul pisang ini rasa dan aromanya emang bener2 pisang buanget. Dan pastinya tekstur bolgul pisang ini juga ga selembut kayak bolu gulung dasar lho ya, karna ada gerindil2 pisangnya. Tapi justru malah gerindil2 pisang itu tadi yang bikin ini bolu nagihin banget. Kalo ga terlalu suka pisang ya bisa ganti pisangnya jadi 2 buah aja dengan telur 4 butir.


Hasil jadi: 16 porsi
Bahan-bahan
80 gram tepung terigu
10 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk
1 butir telur
100 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt softener cake
50 gram margarin (lelehkan)
4 buah pisang raja (lumatkan)
butter cream (olesan dalam)
messes (taburan dalam)
keju (taburan atas)


Langkah

Siapkan bahan. (Maaf telurnya ga ikutan kefoto cz pas difoto eh telurnya malah jatuh gelinding, akhirnya ambil telur baru lagi deh 😣 dan itu bahan2 bubuk saya jadiin satu)


Campur gula, emulsifier dan telur. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.


Masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, mixer dengan kecepatan rendah. Setelah tercampur rata masukkan pisang lumat yang udah dicampur margarin cair dan softener cake.


Tuang ke dalam loyang (saya pake yang ukuran 30x20cm) yang sebelumnya udah di olesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Beri taburan parutan keju. Panggang selama 25menit dengan suhu 180derajat Celsius.


Setelah 25menit pindahkan loyang ke oven bagian atas, bagian bawah oven diberi loyang berisi air untuk mengeringkan bagian atas bolu.


Angkat dan dinginkan. Balik di atas kertas roti.


Karna saya pake filling butter cream, jadi mengolesnya setelah bolu benar2 dingin, jangan kelamaan nunggu dinginnya ntar malah sulit digulung. Semakin jauh bagian bolu dengan kita maka olesannya semakin tipis.


Gulung bolu dengan bantuan kertas roti sebagai pendorong. Padatkan. Lalu simpan dalam kulkas selama 30 menit supaya lebih gampang memotongnya.






Resep Populer

Followers