-->
Powered by Blogger.

Double Chocolate Banana Muffins by Megie Yunita Maulid



by Megie Yunita Maulid

Ada pisang cavendish yang sejak beberapa hari lalu gak saya sentuh sama sekali sampai berbintik-bintik hitam tanda sudah sangat matang. Beberapa hari ini saya agak gak enak badan dan gak terlalu nafsu makan. Daripada mubazir, yasudah pisangnya saya bikin muffin aja, lumayan bisa buat cemilan dan sarapan besok pagi πŸ˜‰
Tapi ternyata setelah melongok isi lemari dapur, stok muffin paper cup saya habis, jadi saya memanfaatkan kertas roti dan cetakan bolu kukus. Tak ada rotan akarpun jadi. Yang penting jadi bikin muffinnya. Yeaayyy...
Saya pakai resepnya Mbak Ricke-ordinarykitchen, tapi saya cuma bikin 2/3 resep aja, soalnya setelah ditimbang pisangnya cuma ada 300 gram. Ini saya tulisin resep muffin yang tadi saya buat dengan sedikit modifikasi dari resep aslinya. Check it out...


Hasil jadi: 12 porsi
Bahan-bahan
155 gr tepung terigu serbaguna / segitiga
20 gr cokelat bubuk
75 gr gula pasir (boleh ditambah hingga 135gr jika suka manis)
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanilla susu / vanili bubuk
Secubit garam
2 butir telur ukuran sedang
80 gr margarine (butter lebih enak), lelehkan dan dinginkan
2-3 bh pisang cavendish (sekitar 270-300 gr), lumatkan dgn garpu
50 gr choco chips
Secukupnya choco chips dan sliced almond untuk taburan


Langkah

Panaskan oven pada suhu 200°C. Siapkan muffin paper cup (bluder cup) atau loyang muffin yang dialasi paper cup. Sisihkan.
Dalam wadah yang agak besar, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue, vanilla susu, dan garam. Masukkan gula pasir dan choco chips. Aduk rata. Sisihkan.
Dalam wadah lain, campur pisang, telur, dan mentega leleh. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan whisk. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus. Biarkan jika teksturnya masih bergerindil.


Tuang adonan ke dalam muffin paper cup. Taburi choco chips dan sliced almond di atasnya. Panggang dalam oven selama kurleb 30 menit atau sampai matang (sesuaikan dengan oven masing2 ya...)
Note : Saat pertama masuk oven panggang dengan suhu tinggi sekitar 200°C, biarkan hingga adonan naik. Setelah adonan naik, suhu oven bisa diturunkan menjadi 180°C dan teruskan memanggang hingga matang sempurna.
Muffinnya mengembang sempurna. Dome-nya keliatan cantik πŸ˜‰


Hmm... Looks so yummy...






Resep Populer

Followers