-->
Powered by Blogger.

Kolak Pisang Khas Banjar by Yene Dandelion



by Yene Dandelion

Kolak sederhana yang menjadi favorit dirumah selama bulan ramadhan


Bahan-bahan
1 sisir pisang kepok matang
1500 ml santan sedang
200 ml santan kental
300 ml air
200 gram gula (banyaknya disesuaikan dengan selera)
secukupnya gula merah (banyaknya disesuaikan dengan selera)
1 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
2 lembar daun pandan
1 butir telur (saya tidak pakai)


Langkah

Pisang kepok yang saya gunakan adalah pisang yang matang tetapi tidak lembek


Kupas dan potong 4 serong


Didihkan air


Masukan potongan pisang dan daun pandan


Masukan gula, garam, vanili


Rebus sampai pisang dan gula meresap


Masukan santan sedang, saya menggunakan 1 1/2 butir kelapa parut yang sebelumnya diambil 200 ml untuk santan kentalnya, sisanya digunakan untuk membuat santan sedang.


Masak kolak dengan api kecil dan di aduk agar santan tidak pecah


Masukan gula merah sesuai selera, saya agak banyak memasukan gula merahnya


Cicipi dan koreksi rasanya. Masak kolak sampai pisangnya empuk sesuai selera (saya suka tekstur pisangnya menjadi agak lembek)


Terakhir masukan santan kental


Didihkan dan masak sebentar kembali kolak pisangnya lalu matikan api. Sebenarnya ada satu lagi bahan yang digunakan untuk mengentalkan kuah kolak yaitu Telur. Biasanya kalau di Banjar, pada tahap akhirnya kocok 1 butir telur, masukan kuah kolak sedikit pada telur aduk rata. kemudian siramkan telur secara perlahan pada kolak yang mendidih sambil di aduk cepat sehingga membentuk serabut baru setelah itu matikan api πŸ˜‰πŸ‘


Angkat dan sajikan






Resep Populer

Followers